Deskripsi Pembelajaran Tata Busana

Posted by Unknown Rabu, 05 Februari 2014 0 komentar

Deskripsi Pembelajaran Tata Busana

smk tata busana


Definisi
Busana Butik adalah kompetensi keahlian program studi keahlian Tata Busana yang menekankan pada bidang pembuatan busana dalam pengelolaan dan penyelenggaraan usaha busana serta mampu berkompetisi dalam mengembangkan sikap profesional dalam bidang busana.
Kompetensi Keahlian Busana Butik menyiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan busana.
Tujuan
Tujuan kompetensi keahlian Tata Busana adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal-hal berikut :
  • Melakukan pekerjaan sosial dan layanan prima kepada pelanggan.
  • Mengikuti prosedur tempat kerja dan memberikan umpan balik tentang kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja.
  • Menggambar serta menganalisa model busana dan bentuk tubuh yang diinginkan pelanggan.
  • Terampil membuat pola busana sesuai dengan model atau desain yang diinginkan pelanggan dengan pemilihan sistem pembuatan pola yang tepat.
  • Menganalisis bentuk tubuh pelanggan sesuai dengan desain yang diinginkan.
  • Mengidentifikasi jenis bahan utama guna merencanakan persiapan dan waktu pemilihan atau pembelian bahan baku.
  • Meletakkan pola di atas kain dan memberi tanda pola kain.
  • Memotong bahan atau cutting.
  • Mengoperasikan mesin jahit sekaligus menyelesaikan busana dengan jahitan tangan.
  • Menghias busana atau linen rumah tangga serta menghias busana agar terlihat menarik perhatian pelanggan.
     
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
  • Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
  • Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
  • Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
  • Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.
  • Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
  • Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
  • Menunjukkan  kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
  • Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
  • Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  • Menunjukkan kemampuan  menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.
  • Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.
  • Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan  bertanggung jawab.
  • Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
  • Mengapresiasi karya seni dan budaya.
  • Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok.
  • Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan.
  • Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
  • Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
  • Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.
  • Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis.
  • Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  • Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.
     
Standar Kompetensi Lulusan Kelompok Mata Pelajaran
Agama dan Akhlak Mulia 
  • Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
  • Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, golongan sosial ekonomi dan budaya dalam tatanan global.
  • Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.
  • Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
  • Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.
  • Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
  • Menjaga kebersihan, kesehatan, ketahanan dan kebugaran jasmani dalam kehidupan sesuai dengan tuntunan agama.
  • Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggung jawab.
     
Kewarganegaraan dan Kepribadian
  • Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan.
  • Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, golongan sosial ekonomi dan budaya dalam tatanan global.
  • Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.
  • Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
  • Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi.
  • Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
  • Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
  • Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis.
  • Berkarya secara kreatif, baik individual maupun kelompok.
  • Menjaga kesehatan, ketahanan dan kebugaran jasmani.
  • Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk meningkatkan ketaqwaan dan memperkuat kepribadian.
  • Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
  • Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.
  • Menunjukkan apresiasi terhadap karya estetika.
     
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  • Membangun, menerapkan informasi, pengetahuan, teknologi secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
  • Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif secara mandiri.
  • Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
  • Menunjukkan sikap kompetitif, sportif, dan etos kerja untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang iptek.
  • Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.
  • Menunjukkan kemampuan menganalisis fenomena alam dan sosial sesuai dengan kekhasan daerah masing-masing.
  • Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan  bertanggung jawab.
  • Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi.
  • Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis.
  • Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  • Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.
     
Estetika
  • Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi dan kreasi seni.
  • Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni.
  • Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni.
  • Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok.
     
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
  • Menjaga kesehatan, ketahanan dan kebugaran jasmani.
  • Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokal untuk menunjang kesehatan, ketahanan dan kebugaran jasmani.
  • Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan.
     

Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Produktif
A. Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup ( K3LH )
  • Menerapkan prinsip-prinsip kesehatan, keselamatan kerja dalam pekerjaannya.
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap lingkungan dalam semua kegiatan pekerjaannya.
  • Memanfaatkan lingkungan dalam semua kegiatan pekerjaannya dengan memperhatikan konsep pemanfaatan lingkungan yang benar dan sehat.
B. Pemeliharaan  Mesin Jahit
  • Menunjukkan kemampuan membedakan macam-macam alat jahit.
  • Menunjukkan kemampuan mengoperasikan mesin jahit.
  • Menunjukkan kemampuan membuat macam-macam kampuh dan penyelesaian.
  • Menunjukkan kemampuan memperbaiki kerusakan kecil pada mesin dan alat-alat jahit.
  • Menunjukkan kemampuan memelihara mesin jahit.
C. Pelayanan Prima
  • Menunjukkan kemampuan merencanakan dan menganalisa jenis-jenis komunikasi dan pelayanan jasa di bidang busana, termasuk menggunakan teknologi dalam merencanakan pekerjaannya.
  • Menunjukkan kemampuan mengatur dan melaksanakan prinsip-prinsip dasar komunikasi dan pelayanan jasa di bidang busana.
  • Menerapkan cara berkomunikasi yang efektif sesuai prinsip komunikasi dalam pekerjaannya.
  • Menerapkan konsep pelayanan kepada tamu dalam pekerjaannya.
  • Menunjukkan sikap perilaku dalam berkomunikasi dan pemberian pelayanan kepada konsumen sesuai etika dan norma yang berlaku secara umum.
D. Desain Busana
  • Memahami bentuk dari bagian-bagian busana.
  • Menunjukkan kemampuan membuat beberapa proporsi tubuh manusia.
  • Menunjukkan kemampuan membuat desain busana.
  • Menunjukkan kemampuan dalam teknik penyelesaian desain busana secara kering dan basah.
E. Pembuatan Pola
  • Menunjukkan kemempuan dalam merancang bahan dan harga.
  • Menunjukkan kemampuan dalam membuat pola konstruksi.
  • Menunjukkan kemampuan dalam membuat pola drapping.
F. Pembuatan Busana Wanita
  • Memahami macam-macam busana wanita.
  • Menunjukkan kemampuan menggunting bahan tekstil sesuai pola busana wanita.
  • Menunjukkan kemampuan membuat busana wanita sesuai kesempatan.
  • Menunjukkan kemampuan menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan.
  • Menunjukkan kemampuan menghitung harga jual.
  • Menunjukkan kemampuan dalam pengepresan.
G. Pembuatan Busana Pria
  • Memahami macam-macam busana pria.
  • Menunjukkan kemampuan menggunting bahan tekstil sesuai pola busana pria.
  • Menunjukkan kemampuan membuat busana pria sesuai kesempatan.
  • Menunjukkan kemampuan menyelesaikan busana pria dengan jahitan tangan.
  • Menunjukkan kemampuan menghitung harga jual.
  • Menunjukkan kemampuan dalam pengepresan.
H. Pembuatan Busana Anak
  • Memahami macam-macam busana anak.
  • Menunjukkan kemampuan menggunting bahan tekstil sesuai pola busana anak.
  • Menunjukkan kemampuan membuat busana anak sesuai kesempatan.
  • Menunjukkan kemampuan menyelesaikan busana anak dengan jahitan tangan.
  • Menunjukkan kemampuan menghitung harga jual.
  • Menunjukkan kemampuan dalam pengepresan.
I. Pengetahuan Bahan Tekstil
  • Menunjukkan kemampuan memilih bahan utama sesuai model busana.
  • Menunjukkan kemampuan memilih bahan pelapis sesuai dengan bahan utama.
  • Memahami teknik pemeliharaan pada bahan tekstil atau busana sesuai asal bahan.
  • Menunjukkan kemampuan menyesuaikan bahan utama dan bahan pelengkap.
J. Pembuatan Hiasan
  • Menunjukkan kemampuan mengidentifikasi macam-macam hiasan.
  • Menunjukkan kemampuan membuat macam-macam sulaman.
  • Menunjukkan kemampuan membuat hiasan busana sesuai bahan dan model busana.
K. Pengawasan mutu
  • Menunjukkan kemampuan menentukan kualitas bahan utama.
  • Menunjukkan kemampuan menentukan kualitas bahan pelengkap.
  • Menunjukkan kemampuan memeriksa bentuk pola sesuai model.
  • Menunjukkan kemampuan  memeriksa hasil guntingan bahan tekstil sesuai pola.
  • Menunjukkan kemampuan memeriksa hasil jahitan busana sesuai teknik menjahit busana.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Deskripsi Pembelajaran Tata Busana
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tatabusanasmkplusqurrotaayun.blogspot.com/2014/02/deskripsi-pembelajaran-tata-busana.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih.......komentar anda sangat membantu keberlangsungan blog ini

Test Footer

Video Jilbab Style Secret

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Tata Busana SMK Plus Qurrota A'yun.