MENGGUNAKAN DOMAIN SENDIRI UNTUK BLOGSPOT.COM

Posted by Unknown Rabu, 20 Maret 2013 0 komentar


»» ARTIKEL PEMBELAJARAN




MENGGUNAKAN DOMAIN SENDIRI UNTUK BLOGSPOT.COM

Blog memang bukan istilah yang baru bahkan kini menjadi suatu hal yang akan wajib ditanyakan dikala mendapat teman baru atau bertemu dengan teman lama. Lewat blog lah biasanya kita mencurahkan setiap tulisan baik artikel, berita atau bahwa curhat.
Cukup basa-basinya :) ok kita langsung saja dengan Blogger/Blogspot. Sebagai salah satu layanan yang kini dimiliki oleh Perusahaan Raksasa Google tentunya menjadi alasan banyaknya Blogger menggunakan layanan ini. Dengan menggunakan layanan blog dari blogger.com, kita akan memperoleh sebuah subdomain dari blogspot.com. Misalnya saya bisa menggunakan subdomain putragaluh.blogspot.com untuk blog yang didaftarkan di blogger.com atau blogspot.com
Custom Domain di Blogger.com
Selain menggunakan subdomain dari blogspot.com, kita juga diberi opsi untuk menggunakan domain sendiri (misalnya: putragaluh.web.id) untuk account blog kita. Baik itu menggunakan domain yang telah dimiliki atau mendaftakan domain lewat google dengan mengeluarkan kocek kurang lebih $10 USD untuk 1 nama domain  (com, net, org, info & biz) per tahunnya. Berbeda dengan wordpress.com, untuk menggunakan domain sendiri (Domain Mapping) kita harus membayar $9.97 USD/domain/tahun atau $14.97 USD untuk Domain Mapping+Domain /domain/tahun-nya.
Untuk menggunakan layanan Custom Domain di blogger.com pastikan anda telah memiliki 1 domain/subdomain aktif yang siap dimanage nantinya.
Berikut langkah-langkah secara umum untuk menggunakan domain sendiri pada account Blogger.com anda :

Aktifkan Custom Domain

Aktifkan Custom Domain
Menu untuk mengaktifkan custom domain berada di Settings > Publishing, disana kita akan menemukan link custom domain. Pilihan pertama kita akan dihadapkan pada form pembelian domain via google, silakan ikuti wizard/step2 registrasinya atau pilih Advance Setting untuk menggunakan domain yang telah kita miliki (bisa juga menggunakan subdomain, misalnya blog.namadomainanda.com). Isi nama domain/subdomain pada form yang telah disediakan, kemudian Save Settings.

Manage Domain/Subdomain

Manage Domain/Subdomain
Pada domain panel/domain manager, ada beberapa hal yang harus dilakukan yang intinya domain/subdomain akan diarahkan ke servernya blogger yang nama domainnya telah kita mapping di account blogger kita. Domain manager ini biasanya diperoleh dari tempat kita mendaftarkan domain (bukan domain ID) yang menyertakan fitur Manage DNS. Namun kini untuk domain internasional com, net, info, org dll sudah banyak penyedia layanan registrasi domain yang memberikan Manage DNS Gratis. Misalnya di www.galuhweb.com dengan 95rb/th kita sudah memperoleh full fitur untuk domain yang kita daftarkan termasuk layanan Free DNS untuk kelola records-records domain kita nantinya. Atau mau semua gratis ? bisa juga pakai domain gratis dari co.cc atas sejenisnya :). Sedangkan untuk menggunakan domain ID atau yang tidak memperoleh layanan Manage DNS Records, maka kita bisa menggunakan Free DNS seperti http://freedns.afraid.org/ dll.
Implementasi pada TLD (Top Level Domain), misalnya putragaluh.web.id
Buat CNAME Records untuk www dan diarahkan ke ghs.google.com sehingga account blogger bisa diakses menggunakan URL www.putragaluh.web.id
Supaya blog bisa diakses menggunakan TLD tanpa CNAME atau subdomain, maka kita harus create A Records sehingga blog bisa diakses dengan menggunakan URL putragaluh.web.id (tanpa www). Apabila A records tidak dibuat maka blog tidak bisa diakses menggunakan URL putragaluh.web.id (tanpa www).
A records yang dibuat untuk domain kita (putragaluh.web.id) masing-masing dirahkan ke 4 IP, yakni
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Implementasi pada subdomain, misalnya blog.putragaluh.web.id
Buat CNAME "blog" pada domain manager putragaluh.web.id dan arahkan ke "ghs.google.com".
Sampai tahap ini, seharusnya blog anda yang berada di blogger.com/blogspot.com sudah bisa diakses menggunakan domain sendiri yang kita setting. Untuk hasil maksimal, domain biasanya akan mengalami masa penyebaran diinternet (Propagasi Domain) sehingga domain tersebut bisa kita akses setelah proses propagasi domain selesai. Mengenai Propagasi Domain, bisa disimak ditulisan saya sebelumnya :)
Ok, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. apabila ada yang keliru atau ada yang ingin menambahkan ditunggu pisan ya ..
ref: http://www.putragaluh.web.id/blog/show/menggunakan-domain-sendiri-untuk-blogspot.com.html
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MENGGUNAKAN DOMAIN SENDIRI UNTUK BLOGSPOT.COM
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tatabusanasmkplusqurrotaayun.blogspot.com/2013/03/menggunakan-domain-sendiri-untuk.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terimakasih.......komentar anda sangat membantu keberlangsungan blog ini

Test Footer

Video Jilbab Style Secret

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Tata Busana SMK Plus Qurrota A'yun.